Find us on Facebook

Rabu, 10 Juli 2013

Aksi Spektakuler Jokowi di Bulan Ramadhan

Hari ini, Rabu 10 Juli 2013, berdasarkan keputusan pemerintah, umat Islam di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa. Ramadan kali ini, akan menjadi Ramadan pertama bagi Joko Widodo sebagai gubernur DKI Jakarta. Jokowi mengatakan, kegiatannya tetap berjalan seperti biasa, termasuk blusukan.

Jokowi mengaku selama ini selalu menjalankan puasa sesuai dengan ketentuan pemerintah. Sebab, ia menganggap dirinya sebagai pemerintah harus mengikuti keputusan pemerintah. "Saya kan pemerintah, harus ikut pemerintah," kata Jokowi di Balai Kota Jakarta, Selasa (8/7) lalu.

Soal blusukan, Jokowi menegaskan, puasa tak mempengaruhinya untuk keliling ke kampung-kampung. "Biasa saja toh, tetap (blusukan) lah."

Mantan wali kota Solo ini mengaku persiapan yang paling utama menghadapi puasa adalah kesiapan batin. Sebab, batin dapat menahan hawa nafsu dari apapun.

"Persiapan dari dalam saja, batin. Mulai menahan apapun," ujarnya.

Lantas apa saja rencana kegiatan spesial Jokowi selama bulan Ramadan, ini ceritanya:

1. Buka puasa dan salat magrib bersama warga

Buka puasa akan dijadikan momen bagi Jokowi untuk bersilaturahmi dengan warga Jakarta. Masjid-masjid di kampung-kampung akan didatangi selama Ramadan.

"Ya buka puasa di masjid-masjid kampung, magriban di masjid kampung terus pindah lagi ke masjid kampung, pindah lagi ke masjid lain untuk Isya juga di masjid kampung," ujar Jokowi di Balai Kota Jakarta, Selasa (9/7).

2. Tarawih keliling masjid kampung

Selain buka puasa bersama warga, Jokowi juga akan berkeliling dari masjid ke masjid untuk tarawih bersama.

"Nanti buka puasa di masjid-masjid kampung, magriban di masjid kampung yang ini, terus pindah lagi ke masjid kampung lain untuk isya (dan tarawih)," katanya.

Jokowi membuktikan ucapannya. Selasa (9/7), Jokowi melaksanakan tarawih pertama Masjid Jami Tawakkal Jl Anyer 15 RT 01 RW 09, Menteng, Jakarta Pusat. Mengenakan peci hitam dan baju koko putih, Jokowi berbaur dengan warga.

3. Malam gebyar Ramadan di kantor kecamatan

Kegiatan lain yang akan dilaksanakan Jokowi selama Ramadan adalah mengadakan malam gebyar Ramadan di hari-hari tertentu. Lokasi acara dipilih di di kantor kecamatan dan walikota.

"Nanti ada gebyar Ramadan juga, tapi itu beda acaranya. Yang penting silaturahmi dengan warga," ujar Jokowi.


ShareThis