Find us on Facebook

Senin, 02 September 2013

Gebrakan Jokowi : Hari Ini Jokowi akan Resmikan Pasar PKL Blok G Tanah Abang


Jakarta - Para Pedagang Kaki Lima (PKL) Tanah Abang, yang sempat berjualan di trotoar dan badan jalan kini telah direlokasi ke Blok G Tanah Abang. Hari ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan pembukaan pasar PKL Blok G tersebut.

"Besok (Senin hari ini) kita buka pasar Blok G," ujar Jokowi usai menghadiri acara Hala Bihalal kadser PDIP DPC Jakarta Timur, Minggu (1/9/2013) malam.

Jokowi mengatakan, pasar PKL Blok G tersebut harus segera dipromosikan. Terlebih yang berjualan di lokasi tersebut merupakan PKL dari berbagai jenis barang dagangan.

"Ya kita buka supaya segera dipromosikan," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Pembukaan Blok G Pasar Tanah Abang sedianya dilaksanaka hari ini, Minggu (1/9). Namun karena banyak pedagang yang baru mendapatkan kunci kios, maka diundur menjadi Senin (2/9).

"Kalau tidak ada halangan akan dilakukan pembukaan hari Senin sekaligus kita bikin halal bi halal bareng Pak Jokowi," ujar Kepala PD Pasar Jaya, Made Sabtu (31/8).

Made mengatakan, saat ini sudah 90 persen pedagang yang mengambil kunci kios. PD Pasar Jaya menerapkan aturan jika dalam 10 hari terdapat kios yang tidak buka, maka kios tersebut akan dialihkan ke pedagang lain. Pedagang pun tidak dipungut biaya sewa selama 6 bulan pertama.

"Bulan pertama memang seratus persen gratis, nah di bulan kedua sampai keenam nanti ada biaya listrik, kebersihan, dan keamanan. Besarannya antara Rp 4.500 - Rp 5.000 lah per kiosnya per bulan," terangnya.

ShareThis